Peran Pendidikan Sains dan Teknologi Bagi Peradaban Manusia


Pendidikan sains dan teknologi merupakan salah satu bentuk pendidikan yang sangat penting diselenggarakan pada abad 21 karena memiliki peranan besar dalam memajukan perabadan manusia. Pendidikan sains dan teknologi merupakan cara terbaik untuk menyiapkan generasi penerus yang akan menjalankan banyak sekali peran penting bagi kemajuan peradaban manusia di masa yang akan datang. 

Kaderisasi ilmuwan yang berdedikasi

Sains berkembang karena jasa para saintis atau ilmuwan. Untuk menjamin sains tetap ada dan berkembang dengan baik, maka para ilmuwan yang mengembangkannya pun harus tetap ada. Tanpa ilmuwan, mungkin sains tetap bisa diwariskan serta tetap ada dari waktu ke waktu. 

Akan tetapi jika sains hanya sekedar diwariskan, sains akan tetap seperti itu, tidak mengalami perkembangan. Ketika peradaban berkembang terus menerus yang kemudian memunculkan masalah baru, maka masalah tersebut tidak akan mudah diatasi menggunakan sains yang sudah ada. 

Apabila sains tidak mengalami perkembangan maka peradaban manusia akan menghadapi masalah besar karena tidak dapat menghadirkan solusi yang lebih baik dan lebih tepat untuk mengatasi masalah baru yang selalu muncul seiring berkembangnya peradaban. Oleh karena itu, tidak dapat dihindari bahwa sains tidak bisa sekedar diwariskan, melainkan harus terus menerus dikembangkan.

Karena pertanyaan-pertanyaan dan permasalahan-permasalahan di dalam sains tidak pernah selesai, maka upaya pencarian jawabannya pun harus terus menerus dilakukan. Pertanyaan-pertanyaan yang tidak pernah selesai ini merupakan bahan bakar bagi para ilmuwan untuk terus mengembangkan sains. 

Baca juga: Hakikat Sains dan Teknologi Modern

Apabila satu generasi ilmuwan telah tutup usia, maka harus dilanjutkan dengan generasi baru yang akan melanjutkan pencarian atas pertanyaan yang tidak selesai tersebut. 

Pendidikan sains berperan penting dalam menyiapkan generasi ilmuwan baru yang akan meneruskan pekerjaan generasi ilmuwan sebelumnya, yaitu mencari jawaban-jawaban atas pertanyaan yang belum terjawab, sekaligus mencari solusi baru atas berbagai permasalahan baru yang sudah atau akan muncul di masa depan.

Penyiapan para ilmuwan bukanlah pekerjaan yang gampang dan singkat. Perlu waktu panjang untuk menumbuhkan dan membentuk peserta didik menjadi ilmuwan. Upaya ini harus dilakukan oleh semua jenis dan jenjang pendidikan. Upaya ini harus dilakukan melalui pendidikan formal di lingkungan sekolah maupun pendidikan informal di tempat-tempat umum. Upaya ini harus dilakuan sejak dini di pendidikan usia dini hingga sampai dewasa di pendidikan tinggi. Bahkan upaya ini harus terus dilakukan setelah peserta didik menyelesaikan pendidikan di jenjang tertinggi sekalipun. 

Di setiap jenis dan jenjang pendidikan, para pendidik harus menumbuhkan kecintaan terhadap sains di dalam diri peserta didik, sekaligus menjaga rasa ingin tahu yang sudah tertanam di dalam diri mereka. Kecintaan dan rasa ingin tahu merupakan bahan bakar utama bagi mereka untuk terus mencari tahu dan menemukan hal-hal baru ketika nanti mereka menjadi ilmuwan.

Penyiapan perekayasa (engineers) yang kreatif dan inovatif

Peradaban manusia saat ini dan di masa yang akan datang membutuhkan banyak sekali perekayasa untuk mengelola dan memanfaatkan sumber daya secara berkelanjutan. Para perekayasa dibutuhkan di hampir semua aspek kehidupan dan bidang, mulai dari bidang pertanian, kelautan, pertambangan, kesehatan, teknik sipil, teknik mesin, arsitektur, industri, perhubungan, komunikasi dan informasi, dan masih banyak bidang lainnya. 

Insinyur di bidang pertanian dibutuhkan untuk merekayasa objek dan peristiwa alam untuk menghasilkan pangan yang dibutuhkan miliaran umat manusia. 

Insinyur di bidang pertambangan dibutuhkan untuk mengembangkan teknologi yang digunakan dalam kegiatan eksplorasi dan eksploitasi bahan-bahan mineral di alam untuk dimanfaatkan dalam pembangunan. 

Begitu juga insinyur-insinyur bidang lainnya, mereka dituntut untuk mengembangkan berbagai teknologi pada bidangnya masing-masing untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Di awal abad 21 ini, China telah menjelma menjadi negara adidaya berkat penguasaan dan pengembangan sains dan teknologi. Para insinyur disana telah melakukan pekerjaan luar biasa dengan cara melakukan inovasi teknologi di berbagai bidang. 

Berkat inovasi tersebut, mereka berhasil menghasilkan produk-produk berkualitas dengan harga terjangkau seperti smartphone, personal komputer, atau kendaraan bermotor. Mereka juga berhasil mengembangkan mesin-mesin manufaktur yang canggih sehingga mereka menjadi pusat manufaktur terbesar di dunia. 

Para Insinyur negeri tirai bambu juga berhasil mengembangkan sistem transportasi yang efektif dan efisien. Mereka telah berhasil membangun jalur kereta api cepat terpanjang di dunia mengalahkan Jepang dan Prancis yang merupakan pelopor munculnya kereta cepat. Mereka memiliki bandara terbesar di dunia yang diresmikan pada tahun 2019. 

Mereka juga memiliki pelabuhan terbesar di dunia yang melayani rute perdagangan ke seluruh penjuru dunia. Mereka memiliki jembatan terpanjang di dunia yang menghubungkan Hongkong dan Macau. 

Semua pencapaian-pencapaian luar biasa tersebut merupakan karya dari para insinyur mereka yang kreatif dan inovatif.

Penguasaan sains dan teknologi merupakan syarat mutlak bagi para insinyur untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik, terutama melakukan inovasi dan terobosan-terobosan di bidang teknologi untuk menjalankan pembangunan berkelanjutan. Penguasaan sains dan teknologi hanya dapat ditempuh melalui pendidikan sains dan teknologi yang berkualitas, mulai dari sekolah dasar sampai ke perguruan tinggi. 

Salah satu kunci sukses China dalam melakukan pembangunan secara luar biasa adalah peningkatan mutu pendidikan sains dan teknologinya secara pesat sehingga para insinyurnya memiliki kompetensi yang mumpuni. 

Saat ini, kualitas pendidikan sains di China adalah yang terbaik di dunia mengalahkan Singapura, Korea Selatan, dan Jepang yang ditunjukkan oleh skor penguasaan sains anak-anak China yang merupakan skor tertinggi dari semua negara yang diukur (PISA, 2018). 

Tidak diragukan lagi bahwa pendidikan sains dan teknologi memiliki peranan yang sangat besar dalam menyiapkan para insinyur perekayasa di berbagai bidang kehidupan yang akan melaksanakan pembangunan secara berkelanjutan.

Penulis: Feri Noperman

Versi lengkap tulisan di atas dapat dibaca pada Buku Pendidikan Sains dan Teknologi. 

Komentar